Mengenal Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah atau Masjid Agung 2 Batam

Mengenal Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah atau Masjid Agung 2 Batam.

Masji Agung 2 Batam Via Instagram : @radentirta23

Masjid Agung 2 atau nama lengkapnya Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di resmikan pada jum'at 20 september 2019 oleh walikota Batam bapak M.Rudi di dampingi Bapak Amsakar selaku wakil Walikota Batam,  turut hadir pula ulama kenamaan Ustadz Abdul Somad LC. MA yang juga mengisi Kajian di sela sela acara peresmian jum'at kemarin.
Masjid Agung 2 Batam Via Instagram : @EnjoyBatam_

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah ini terletak di kelurahan Tanjung uncang kecamatan Batu aji Batam,  berdiri di atas lahan seluas 41.422 meter persegi dan mampu menampung kurang lebih 25.000 jemaah, Masjid yang di claim terbesar di kawasan Pulau Sumatera ini mengadopsi arsitektur Masjid Nabawi di Arab Saudi, Masjid ini memiliki 8 buah payung Yang mirip dengan design payung pada Masjid Nabawi.

Area Payung ini juga berfungsi sebagai lokasi Sholat yang mampu menampung kurang lebih 8000 jemaah di bawahnya


Terdapat beberapa bagian pada Masjid ini yaitu ruang utama tepat di bawah kubah terbesar, sisi belakang yaitu area Payung membran dan sisi keliling dengan 2 lantai yang juga menjadi area Sholat,  di lantai paling bawah adalah Basement untuk area parkir utama dan juga tempat untuk berwudhu bagi jemaah yang di hubungkan oleh dua tangga besar menuju lantai utama.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di bangun dengan 8 Kubah dan satu kubah Utama yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan kubah lainnya yakni diameter 63 meter.
Masjid Agung Batam 2 dengan Keindahan Payung Membrannya Via Instagram : @Havefunday_


Terdapat pula 1 buah menara megah setinggi 99 meter dengan lebar bangunan 25 meter dengan ruangan kaca di bagian atas Menara yang di fungkikan sebagai ruang untuk memandang dari ketinggian dengan view 360 derajat.

Keuninkan Masjid sultan Mahmud Riayat Syah.

Masjid yang di bangun pada tahun 2017 ini memiliki banyak sekali keunikan, seperti bentuk bangunan, Payung membran yang khas,  Serta kubah yang di juga sangat besar.

Ruangan Sholat Utama Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam
via Instgram : @havefunday_

Hal hal unik di Mesdj Agung 2 Batam ini sebagai berikut :

  1. Terdapat 2 lantai Tempat Sholat utama dan 1 lantai Basement sebagai area Parkir, jadi total ada 3 lantai pada bangunan Masjid ini.
  2. Tempat wudhu yang di design luas dan jarak antara Kran air satu dengan yang lainnya di beri space yang cukup luas sehingga air percikan tidak mengenai jemaah di sebelah kita.
  3. Tidak ada standing urinoir atau tempat pipis berdiri yang tidak sesuai Sunnah,  yakni membuang air seni tetap harus jongkok. 
  4. Memiliki Menara utama dengan tinggi 99 meter yang diambil dari makna filosofis Asmaul Husna. Juga terdapat menara pandang setinggi 64,5 meter berkapasitas 30 orang.
  5. Masjid ini memiliki area terbuka yang dilindungi payung membran permanen. Terdapat 8 payung membran berukuran 25×25 meter dengan tinggi 17 meter. Lantai di bawahnya memiliki luas 5.832 meter persegi dengan daya tampung jemaah sebanyak 8.100 orang.

Pemberian Nama Sultan Mahmud Riayat Syah?

Sultan Mahmud Riayat Syah wafat pada tanggal 12 Januari 1812. Makamnya berada di Daik Lingga di Riau. Sultan Mahmud Riayat Syah mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/TAHUN 2017 tanggal 6 November 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah
Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Boeralimar menambahkan, nama Sultan Mahmud Riayat Syah sangat tepat diabadikan sebagai nama Masjid Agung Batam II. Masjid ini digadang-gadang menjadi masjid terbesar di Sumatera, yang bisa menampung ribuan umat muslim untuk beribadah.
Kapasitas Masjid sultan mahmud Riayat Syah

Fasilitas  Masjid Agung (Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam
(Sumber data dan survey lokasi https://mediacenter.batam.go.id)

Tampak kemegahan Masjid Agung Riayat Syah (Masjid Agung 2 Batam) dari kejauhan
Via Instagram : @linasasmita
  1. Terdapat 2 Tempat wudhu Pria dan wanita di Lantai Basement, 2 tempat wudhu pria dan Wanita di lantai 1.serta 5 WC untuk tiap gender. Sedangkan di rubanah tersedia masing-masing 89 tempat wudhu dan 13 WC untuk pria dan wanita. Serta dua unit WC untuk difabel
  2. Terdapat pula pos penitipan barang dan loker room di beberapa lokasi yang bisa di gunakan oleh jemaah.
  3. Ruang salat utama selus 3.969 meter persegi dengan kapasitas jemaah 5.555 orang. Sedangkan total daya tampung masjid sebanyak 24.536 jemaah.
  4. Lahan parkir yang disediakan dapat menampung 308 mobil dan 331 motor di rubanah, serta 10 bus, 105 mobil, dan 107 motor di halaman masjid
  5. Masjid ini memiliki menara utama setinggi 99 meter, diambil dari makna filosofis Asmaul Husna. Juga terdapat menara pandang setinggi 64,5 meter berkapasitas 30 orang.
  6. Masjid ini memiliki area terbuka yang dilindungi payung membran permanen. Terdapat 8 payung membran berukuran 25×25 meter dengan tinggi 17 meter. Lantai di bawahnya memiliki luas 5.832 meter persegi dengan daya tampung jemaah sebanyak 8.100 orang.
  7. Bagian koridor lantai dasar depan memiliki luas 2.087 meter persegi dengan kapasitas 2.898 jemaah. Sedangkan di bagian belakang seluas 3.051 meter persegi dengan kapasitas 5.085 jemaah
  8. Koridor lantai dasar memiliki luas 2.087 meter persegi dengan kapasitas 2.898 jemaah. Dan bagian pintu masuk atau entrance memiliki luas 1.333+860 meter persegi dengan kapasitas 2.193 jemaah.
  9. Juga terdapat ruang pendukung lain seperti ruang VIP, pengurus dan imam, serta ruang kelas.

Lokasi Masjid dan Cara menuju Masjid Agung 2 Batam

Masjid Agung 2 Batam atau Masjid sultan Mahmud Riayat Syah bedara di kelurahan Tanjung Uncang kecamatan Batu Aji, terletak di jalan Brigjen Katamso tepat di seberang Kawasan Tunas Regency atau setelah Pusat perbelanjaan Fanindo

Anda dapat menggunakan Transpotasi Umum TransBatam atau angkutan Umum Bimbar untuk sampai kesini, ambil Angkutan Umum tujuan Tanjung Uncang


Jarak Tempuh dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Masjid Sultan Mahmud Riayat syah sekitar 45 Menit


Akhir Kata ini lah uasan saya kali in tentang Mengenal Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah atau Masjid Agung 2 Batam yang saya, semoga dengan adanya Masjid ini, kita semakin lebih semangat lagi dalam menjalakan Ibadah sholat setiap harinya dengan adanya Wisata Religi ini.

Pesan saya ketika berkunjung ke Masjid ini adalah : Mohon menjaga kesopanan dalam menggunakan Pakaian di Rumah Allah. Datanglah untuk beribadah dan jika hanya sekedar mampir, utamakan tata kesopanan dan jangan sampai mengganggu pengunjung lain yang sedang beribadah, tetap menjaga kebersihan karena kebersihan merupakan sebagian dari Iman